Laporan Kerja Praktek di PT Krakatau Daya Listrik

SISTEM PENGENDALIAN LEVEL AIR PADA LOW PRESSURE HEATER 1 PEMBANGKIT UNIT 1 PLTU 400 MW
PT. KRAKATAU DAYA LISTRIK

LAPORAN KERJA PRAKTEK 
 Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Persyaratan Kurikulum Program S1 Program Studi Ilmu Komputasi Fakultas Sains Institut Teknologi Telkom 

Disusun Oleh:
Nama         : Ali Hasyim
NIM           : 118100029


PROGRAM STUDI ILMU KOMPUTASI
FAKULTAS SAINS
INSTITUT TEKNOLOGI TELKOM
BANDUNG
2013


Dari BAB III (Pelaksanaan Kerja Praktek), dapat ditarik kesimpulan, diantaranya :
1.    Metode sistem kontrol yang diterapkan di pembangkit listrik tenaga uap 400 MW milik PT. Krakatau Daya Listrik sejak tahun 1970-an merupakan sistem kontrol analog dan dapat dikatakan sudah usang karena kondisinya sudah banyak yang rusak serta ketersediaan spare part semakin sulit didapat.

2.    Fungsi utama sistem kontrol yang dimiliki oleh PT. Krakatau Daya Listrik saat ini yaitu kontrol sistem, monitoring sistem, dan reporting sistem.

3.    Metode sistem kontrol yang digunakan untuk mengganti sistem lama di PT. Krakatau Daya Listrik adalah DCS (Distributed Kontrol Sistem).

4.    Terjadi modernisasi sistem kontrol pada unit 1 yang menggunakan PLC untuk melakukan pengendalian pada plant yang menggantikan sistem kontrol yang bersifat hardwire.

5.    Pengendalian level air low pressure heater 1 pada unit 1 menggunakan Simatic PCS 7 yang menggunakan CFC (Continuous Function Chart) untuk melakukan pemrograman.

6.    Pengendalian level air low pressure heater 1 dapat dikendalikan secara manual dan otomatis sesuai dengan keadaan yang terjadi.

7.    Low pressure heater 1 merupakan proses dimana air yang dihasilkan dari kondenser yang melewati pipa dipanaskan. Air didalam pipa yang melewati tangki low pressure heater 1 dipanaskan dengan memanfaatkan perpindahan kalor yang dihasilkan uap yang kemudian berubah menjadi air. Uap yang masuk kedalam tangki secara kontinus maka menghasilkan air yang kontinus juga. Maka dari itu perlu adanya pengendalian level atau ketinggian air yang ada didalam tangki agar suhu air didalam pipa yang melewati tangki sesuai dengan yang diinginkan. Pengendalian level air ini dilakukan dengan cara membuang air yang ada didalam tangki. Pembuangan air dilakukan dengan katup yang dapat dikendalikan dengan otomatis dan manual, katup tersebut dapat membuka atau menutup sesuai dengan kondisi ketinggian level air. Air yang dibuang dari tangki low pressure heater 1 ditampung kedalam hotwell sehingga bisa digunakan untuk keperluan lain.

8.    Sensor yang digunakan untuk melakukan pengendalian level air low pressure heater 1 yaitu sensor posisi yang berfungsi untuk mengetahui posisi sudut katup dan sensor level yang berfungsi untuk mengetahui ketinggian air yang ada di dalam tangki low pressure heater 1.

9.    Nilai yang dihasilkan dari sensor yang ada di lapangan diproses menggunakan kontroller PID yang dibangun didalam PLC dan menghasilkan output untuk menggerakan katup pembuang air menggunakan motor ac.

Tutorial lengkap Laporan Pelaksanaan Kerja Praktek dan Slide Presentasi Kerja Praktek di PT Krakatau Daya Listrik (PT KDL) dapat di Download Disini

No comments:

Post a Comment