Arti Pemimpin dan Kriteria Pemimpin

Menjadi seorang pemimpin bukanlah soal kecerdasan, kharisma, komunikasi, tampilan atau atribut lain yang dikaitkan dengan figur pemimpin. Disebut pemimpin atau tidak jika ada atau tidaknya yang mengikuti. Sehingga pemimpin adalah orang yang kata-katanya dan perbuatannya diikuti dan mendapat pengakuan dari yang dipimpin.

Pemimpin itu pada dasarnya adalah pemimpi yang mampu mengkonversi mimpi menjadi realita. Pemimpi belum memiliki Nyali sedangkan Pemimpin terdapat akhiran huruf N yang berarti memiliki Nyali.

Kriteria Pemimpin seperti apa yang harus dipilih:

1. Pemimpin yang selalu disorot
Sempurna bukanlah atribut yang manusiawi, karenanya pemimpin harus selalu sadar bahwa ia berada dalam sorotan jika ia jaih dari ketidaksempurnaan.

2. Pemimpin yang Selalu Menjaga Kehormatan
Penghormatan mudah dibeli sedangkan kehormatan tidak untuk diperjualbelikan. Pemimpin yang memiliki gagasan dan langkahnya terhormat dengan sendirinya akan mendapat kehormatan

3. Pemimpin yang BerIntegritas
Pemimpin yang mampu bertindak konsisten yang bernyali dan menggerakan penyelewengan sesuai dengan nilai dan kebijakan organisasi

4. Pemimpin yang bisa menentukan Suasana
Pemimpin yang bisa membawa misi dan menularkan pada semua yang dipimpin.

5. Pemimpin yang Berorientasi pada Gerakan
Pemimpin yang menjadikan semua merasa ikut memiliki tanggung jawab, merasa ikut memiliki masalah sehingga semua merasa terpanggil untuk terlibat dalam mneyelesaikan masalah  dan tantangan.


Tulisan ini dikutip dari Tulisan Anies Baswedan

No comments:

Post a Comment