Robot Ciptaan Anak Indonesia

ROBOT CIPTAAN ANAK INDONESIA

Maju nya perkembangan teknologi di dunia ini membuat manusia tak pernah kehabisan akal untuk menciptakan suatu karya yang dapat bekerja cepat, teliti dan tidak mengenal lelah. Robot adalah jawaban dari karya tersebut. Robot diciptakan atas keinginan manusia untuk memudahkan manusia dalam melakukan suatu aktivitas.


Perkembangan robotika saat ini berkembang sangat pesat. Sudah banyak kompetisi-kompetisi yang mempamerkan kemampuan suatu robot. Disana kita dapat melihatkan kemampuan robot yang telah kita buat sebelumnya. Dengan adanya ajang komoetisi-kompetisi robot seperti ini membuat para mahasiswa di Indonesia tidak ingin ketinggalan dalam membuat suatu karya yang dapat membanggakan tanah airnya sendiri Indonesia.



Saat ini perkembangan robot di luar Indonesia sangat berkembang contohnya sudah ada robot pelayan di suatu restoran Hajime di Bangkok,Thailand dan sudah ada teater robot yang pertama kali di dunia. Perkembangan robot di Indonesiapun tak kalah hebat dengan perkembangan yang ada di luar negeri. Saat ini saja dari kontes robot dunia di Hartford City, Connecticut, Amerika Serikat. Di kontes itu indonesia mengirim tiga tim yaitu dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Universitas Ilmu Komputer, Bandung. Dan hasilnya robot yang dibawa dari Indonesia karya mahasiswa ITB berhasil merebut juara 1 dan 2 dalam lomba ka
tegori Trinity Fire Fighting Home Robot 2011 a), sedangkan tim UGM berhasil meraih gelar juara di kategori robot beroda b). Dan tim dari Universitas Ilmu Komputer berhasil meraih juara pertama dan kedua untuk kategori robot waiter yang berlangsung pada 9-10 April di Amerika Serikat c). Disini kita bisa lihat bahwa robot buatan mahasiswa Indonesia tak kalah hebatnya dengan robot buatan negara maju seperti Amerika, Kanada, dan Cina. Bahkan robot buatan mahasiswa ITB yang berhasil memenangkan lomba itu kabarnya akan dikembangkan menjadi robot pendeteksi bom atau robot militer, kabarnya juga mahasiswa ITB sedang mengembangkan robot pencari korban bencana. Robot pencari korban bencana ini lahir karena adanya peristiwa gempa yg terjadi di Yogyakarta, jadi kelak robot ini akan difungsikan untuk mencari korban bencana yang tertimbun materil atau juga lokasinya sulit diketahui. Dengan robot ini kita bisa mencari ke lokasi-lokasi yang sulit dijangkau manusia. Bukan tidak mungkin juga robot yang dibuat mahasiswa UNIKOM yang berhasil menjadi juara di kontes Robo Waiter akan menjadi sosok robot yang dapat melayani manusia seperti layaknya robot di restoran Hajime Bangkok. Di bidang militer sendiri Indonesia sudah berhasil membuat robot tempur yang kemampuannya sudah setara dengan robot tempur asing. Bahkan tidak ditujukan untuk mahasiswa saja, di Jakarta ada sebuah rumah robot yang dipusatkan untuk pameran robot, pembelajaran sains dan robotika, penelitian dan pengembangan robot, semuanya yang berhubungan dengan robot ada di sini, di World Robotic Explorer. Disana anak TK/SD sudah dapat mencoba untuk membuat robot sendiri. Universitas Indonesia juga tidak kalah dengan universitas lain dalam memajukan perkembangan robotika di Indonesia. Saat ini UI mengadakan Computer Festifal 2011 di dalamnya terdapat kompetisi “Lego Robotic Competition” yang memberikan nilai edukasi dan memperkenalkan kepada pelajar SMA tentang robot. Silahkan melakukan pendaftaran dengan mengunjungi situs www.compfest2011.com

Namun sayangnya perkembangan robotika yang ada di Indonesia sedikit terhambat oleh masalah biaya produksi robot yang tidak sedikit menghabiskan uang. Disinilah peran pemerintah seharusnya dapat membantu dalam setiap riset dan menyediakan fasilitas yang baik agar perkembangan robotika di Indonesia lebih pesat lagi. Hal inilah yang membuat robot-robot karya indonesia kurang berkembang. Robot-robot hasil karya anak bangsa juga belum banyak digunakan dalam bidang riil misalnya digunakan di perindustrian. Robot-robot buatan anak bangsa hanya sebatas kompetisi saja. Menurut saya dengan adanya dukungan pemerintah bukan hal yang tidak mungkin jika kelak nanti di bidang perindustrian Indonesia sudah banyak robot-robot yang digunakan, karena dengan adanya robot di suatu pabrik akan meningkatkan hasil produk , mengurangi koefisien kelamaan waktu dan mengurangi tingkat kesalaha. Namun bukan berarti di perindustrian Indonesia nanti manusia tidak lagi dibutuhkan ,nanti manusia dapat memonitori kerja dari robot itu sendiri, karena robot memerlukan suatu pengawasan jika nanti tiba-tiba robot mengalami error.

Terakhir saran saya untuk anak bangsa yaitu gunakanlah robot sesuai dengan kemampuan manusia sehingga kita tidak terlalu bergantung pada robot dan pada akhirnya robot dan manusia dapat saling melengkapi.

c)








b)










a)











12 comments:

Hary Edgar Dumoris said...

Pertamax gan.. :D

Dark Evil said...

Keduax yeah UNIKOM dibawa-bawa gudgudgud

ran2 said...

kok IT Telkom gak muncul ya namanya..??
kemana nih, apa pada sibuk imagine cup ya..??
hehe :p

Ali Hasyim said...

hahaha bagus2 gan

Ali Hasyim said...

@dark evil : ia dia master masalah robot.
@ran2 : ia nih it telkom belum ada, tapi insyaallah nyusul tahun depan kalo juara nasional KRCInya, kan it telkom ngirimin 1 perwakilan robot beroda buat ke nasional,mohon doanya aja..

Fitria Pandu Nugraha said...

semoga robot yang dibuat temen-temen Indonesia dapat bersaing dan diakui oleh Internasional... ^_^

Ali Hasyim said...

ia gan asal pemerintahnya mendukung..

ahsanfath said...

Yap semoga inovasi anak bangsa selalu mendapat dukungan jadi bisa maju terus. :)

Ali Hasyim said...

yoi ayo dukung anak inovasi anak bangsa

arin- said...

cemunguuudhh! iya, bener. harusnya pemerintah mendukung nih.

Ali Hasyim said...

ayoo donk pemerintah jangan cuma duduk manis melihat robot-robot indonesia juara di internasional tapi tidak member dukungan sama sekali

jhontri said...

pemerintah jg harus ikut ambil bagian,mendukung penuh prestasi anak bangsa


Post a Comment