Cerita Pre Kerja Praktek di PT Krakatau Daya Listrik (1)


Latar Belakang Kerja Praktek di PT KDL

Bagaimana saya bisa melakukan kerja praktek di perusahaan PT Krakatau Daya Listrik, ini dia ceritanya, Pada semester 6 semua mahasiswa di kampus saya tercinta Institut Teknologi Telkom sibuk mencari tempat untuk melaksanakan Kerja Praktek, ya termasuk saya sendiri juga sibuknya bukan main. Awalnya saya sangat exited dengan perusahaan tambang seperti PT Total E&P dan PT Chevron Indonesia. Sayapun mencari informasi bagaimana caranya agar saya bisa melaksanakan kerja praktek di perusahaan Total E&P atau Chevron. Salah satu persyaratan untuk melaksanakan kerja praktek di perusahaan tersebut yaitu dengan cara mengirimkan proposal mengenai apa yang akan kita lakukan jika kita kerja praktek disana, ya dengan cepat saya membuat proposalnya, awalnya sempet bingun judul proposalnya apa ya buat kerja praktek disana, sampe akhirnya tanya ke senior yang udah kerja di PT Total E&P, dia kasih saran kalau sebaiknya bikin proposal tentang SCADA (Supervisory Control And Data Acquisition). Walaupun saya tidak mengerti apa dan bagaimana penggunaan SCADA di dunia industri saya tetap memaksakan judul proposal saya tetap pada SCADA. Internet merupakan pemberian Allah yang sangat bermanfaat bagi manusia, akhirnya saya selesai membuat proposal tentang SCADA yang sumbernya semua dari Internet hehehe :p. Dengan penuh keyakinan yang tinggi saya mengirimkan kedua proposal untuk Total E&P Balikpapan dan Chevron Pekanbaru. 

Ya begitu selesai mengirimkan proposal saya selalu berharap dan berdoa agar proposal saya jatuh ke tangan yang seharusnya bukan berhenti di satpam. Saya mengirimkan proposal ke Total E&P dan Chevron sekitar awal bulan Maret, karena syarat kedua perusahaan tersebut juga maksimal mengirimkan proposal 2bulan sebelum jadwal Kerja Praktek saya bulan Juni. Seiring dengan berjalannya waktu saya juga sering berdoa agar bisa melaksanakan Kerja Praktek di salah satu perusahaan tersebut bahkan saya juga berdoa agar suatu saat nanti saya bisa bekerja di perusahaan migas seperti Total E&P atau Chevron atau Pertamina. Sembari menunggu pengumuman yang katanya bisa sampe H-2 Minggu dari jadwal Kerja Praktek yang sudah saya tentukan, terbesit dipikiran saya kalau pengumuman ini terlalu mendekati jadwal kerja praktek dan sangat beresiko jika tidak diterima. Untungnya saya memiliki teman-teman yang baik hati. Kebetulan teman saya yang bernama Monique memiliki sepupu yang kerja di PT Krakatau Daya Listrik dan menawarkan kesempatan untuk bisa kerja praktek disana bersama teman-teman saya yang lain yaitu Dimas, Faisal, Yudha, dan Indra.Ya kesempatan ini langsung kita sikat. PT KDL sendiri tidak ribet-ribet meminta proposal untuk kerja praktek disana, PT KDL hanya meminta surat pengantar dari kampus untuk mengikuti kerja praktek di PT KDL. Kami ber 5 langsung meminta surat pengantar ke admin fakultas sains dan begitu selesai langsung kami kirim via email ke sepupunya Moniq yang bernama Bpk. Ari Azhar, sampai akhirnya surat kami diterima beliau dan kami resmi diterima kerja praktek di PT KDL. Alhamdulillah ucap saya akhirnya punya cadangan buat melaksanakan kerja praktek.

Waktu demi waktu berlalu, sampai akhirnya ada di H-2 Minggu sebelum jadwal Kerja Praktek, akhirnya saya mendapat kabar via email dari PT Chevron Indonesia bahwa proposal Kerja Praktek saya ditolak karena keterbatasan fasilitas. Saya agak bingung dengan alasan ini, apa emang perusahaan sekelas Chevron punya keterbatasan fasilitas juga, saya akhirnya mencari2 informasi di google, ya ternyata emang kalo untuk melaksanakan kerja praktek di chevron pekanbaru agak sulit karena selain terbatas mereka juga lebih mendahulukan orang-orang daerah pekanbaru dan anak-anak dari karyawan Chevron. Saran saya sih kalo mau kerja praktek di Chevron sebaiknya ajukan proposal kerja praktek ke Chevron Balikpapan karena peluangnya lebih terbuka disana. Akhirnya saya masih merasa santai karena masih ada satu pengumuman yang belum keluar dari Total E&P. Sampe akhirnya sudah H-3hari dari jadwal KP PT Total E&P juga belum menginformasikan saya bahwa saya diterima/ditolak melaksanakan kerja praktek disana. Saya sudah pasrah dengan tidak adaknya pengumuman itu. Dengan tidak adanya pengumuman ini saya merasa curiga kalau proposal yang saya kirim jatuh ke orang yang salah atau tidak diterima dengan semestinya, bukan hanya proposal saya saja yang tidak ada konfirmasi diterima/ditolak melaikan proposala kedua teman saya juga tidak ada konfirmasi. Lalu muncul pertanyaan di kepala saya, ada apakah dengan Total E&P?. Saya mencoba iklas dengan ketidakadanya konfirmasi pengumuman proposal itu, mungkin karena peserta kerja praktek di total e&p sudah penuh. Ya akhirnya kedua proposal yang saya kirim ke Chevron pekanbaru dan Total E&P Balikpapan saya anggap tidak diterima, mungkin belum rezekinya dan saya tetap berdoa dan berharap agar suatu saat jika saya lulus kuliah saya bisa bekerja disana. Aamiin. Dan alhamdulillah wasyukurillah saya masih mempunya tempat untuk melaksanakan kerja praktek di PT KDL bersama teman-teman saya.


Oke cerita selanjutnya akan saya posting lagi..

No comments:

Post a Comment