Perkara Manusia

Manusia belum bisa dikatakan bersyukur kepada Allah, jika belum bisa bersyukur atau berterimakasih kepada manusia. Iman adalah bil lisan, wabil walbu, wabil jawari (perbuatan).

Perbedaan Qaidah dan Tobit. Qaidah adalah satu ungkapan dari beberapa kata yang mencakup beberapa ilmu yang berfaidah (nahwu, fiqih, dll), sedangkan Tobit adalah satu ungkapan dari beberapa kata yang mencakup satu jenis ilmu.

Mulailah segala hal dengan Bismillah. Dengan mengucapkan bismillah berarti kita telah mencari rohmat dari Allah. Allah bersifat sami’(mendengar) dan basyir(melihat). Tidak ada yang serupa dengan Allah, dalam keadaan diam Allah mendengar dan melihat.

Hidayah adalah mencontoh Rasulullah. Hidayah dibagi menjadi dua yaitu Hidayatul Irsyad wal bayan dan Hidayatul taufik. Hidayatul Irsyad (bimbingan) wal bayan (penjelasan) adalah seorang bisa membimbing saudaranya dengan caranya untuk bisa mendekatkan diri kepada Allah. Sedangkan hidayatul taufik adalah seseorang hanya bisa menerima hidayah dari Allah, arinya yang bisa memberi hidayah kepada hati seseorang hanya Allah.

Ketika Rasulullah memintakan ampunan kepada Allah untuk paman nya yang telah meninggal. Allah menjelaskan bahwa Rasul tidak bisa memberi hidayah kepada pmannya, hanya Allah lah yang bisa.

Berikut adalah 3 perkara kebahagian Manusia :
-           - Ketika diberi kenikmatan bersyukur
-          - Ketika diberi bencana/musibah maka bersabar
-          - Ketika berbuat dosa maka berusaha meminta ampunan kepada Allah

No comments:

Post a Comment