Melihat Allah Subhanu Wa Ta’ala

Mungkinkah kita melihat Allah Subhanu Wa Ta’ala di dunia ? jawabannya tidak mungkin, mengapa demikian ? Dalil bahwa kita tidak mungkin melihat Allah di dunia adalah 1. Saat Nabi Musa menginginkan untuk melihat Allah, namun Allah berkata tidak bisa, 2. Kalian tidak bisa melihat Allah sampai kalian meninggal. Dari Ibnu Abbas berkata, dzahirnya Nabi Muhammad pernah melihat Allah Subhanu Wa Ta’ala, namun Nabi Muhammad melihat Allah dengan Qalbunya , Aisyah mengingkari orang yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad pernah melihat Allah dengan mata kepalanya sendiri.

Pintu melihat Allah di dunia ditutup, dan kita harus meyakini bahwa nanti kita akan melihat Allah di akhirat. Namun di akhirat siapa yang bisa melihat Allah ? jawabannya adalah orang-orang mukmin melihat Allah, Allah ridho kepada mereka. Sedang orang-orang kafir tidak akan melihat Allah. Kondisi saat kita melihat Allah di akhirat keadaannya dapat seperti ketika kita melihat bulan caranya (tidak berdesak-desakan). Nikmat melihat Allah merupakan nikmat terbesar di Surga.

Barang siapa yang berharap akan berjumpa untuk melihat Allah maka beramal lah dengan amal shaleh dan tidak berbuat syirik. Amal Shaleh adalah ikhlas (mencontoh atau sesuai dengan yang dilakukan Rasulullah) dan tidak berbuat syirik terhadap Allah.

Mungkinkah bertemu Rasulullah di dalam mimpi ? Kata Rasulullah jika seseorang melihat aku dimimpi, maka itu benar aki, karena setan tidak bisa menjelma menjadi Rasul.

No comments:

Post a Comment