Pengertian ICT (Information and Communication Technologies)

Singkatan ICT adalah Information and Communication of Technology. Apa itu ICT ? Apa pengertian ICT ? ICT adalah Information and Communication Technologies atau yang biasa di kenal dengan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi ). TIK mecakup 2 teknologi yaitu, Teknologi informasi yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi (mengutip dari Wikipedia).
 
Jika ditinjau dari asal sebuah kata teknologi. Kata teknologi berasal dari bahasa Yunani, technologia, atau techne yang mempunyai arti ‘keahlian’ dan logia yang berarti ‘pengetahuan’. Dalam pengertian yang sempit, teknologi merupakan sesuatu yang mengacu pada objek benda yang dipergunakan untuk kemudahan aktivitas manusia, seperti mesin, perkakas, atau perangkat keras. 

Dalam pengertian yang lebih luas, teknologi dapat meliputi pengertian sistem, organisasi, juga teknik. Akan tetapi, seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman, pengertian teknologi menjadi semakin meluas, sehingga saat ini teknologi merupakan sebuah konsep yang berkaitan dengan jenis penggunaan dan pengetahuan tentang alat dan keahlian, serta bagaimana teknologi itu dapat memberi pengaruh pada kemampuan manusia untuk mengendalikan dan mengubah sesuatu yang ada di sekitarnya. Jadi, pada dasarnya teknologi adalah semacam hasil dari pada karya tangan manusia untuk dapat memanfaatkan alam dan sesuatu yang ada di sekelilingnya secara lebih maksimal. Dengan demikian, secara sederhana teknologi bertujuan untuk mempermudah pemenuhan kebutuhan manusia.

Sifat manusia yang tidak pernah puas dengan apa yang telah dimilikinya membuat manusia memiliki pola fakir yang semakin kreatif dan ingin menciptakan sesuatu yang lebih inofat. Dari dorongan keinginan tersebut terciptalah kemajuan ilmu pengetahuan yang saat ini kita kenal sebagai istilah teknologi.

Secara garis besar teknologi diciptakan manusia untuk membantu manusia menyelesaikan pekerjaannya dalam kehidupan sehari-hari secara cepat, praktis dan singkat.

No comments:

Post a Comment