Perancangan Region Growing pada Deteksi PCOS Otomatis

Homogeneous region yang dikenali dari tahap sebelumnya merepresentasikan perkiraan inisial awal dari daerah folikel. Tahap region growing dalam penelitian ini ialah tahap dimana homogeneous region yang sudah dikenali akan memperluas daerahnya agar dapat mencapai batas folikel yang sebenarnya. 

 Setiap homogeneous region yang sudah dikenali akan disusun terlebih dahulu sebelum memperluas daerahnya. Setiap homogeneous region memiliki batas-batas piksel terluas dari regionnya. Homogeneous region akan memperluas wilayahnya dengan proses yang berulang menggunakan batas-batar terluar piksel wilayahnya. Jika piksel batas terluar region memenuhi kedua kriteria yang dijelaskan pada subbab 2.3.2.2 maka piksel akan ditandai sebagai potensial kandidat yang mungkin untuk digabunggkan dengan wilayahnya. Potensial kandidat benar-benar akan digabungkan dengan wilayahnya jika piksel memiliki setidaknya empat piksel tetangga pada lingkungan konektivitas dari wilayahnya yang memenuhi kedua kriteria atau piksel yang sudah ditandai dengan potensial kandidat. Lingkungan konektivitas akan diobservasi menggunakan 2 jenis lingkungan konektivitas, yaitu 4-neighborhood dan 8-neighborhood. Namun jika piksel tidak ditandai dengan potensial kandidat atau tidak memenuhi kriteria penggabungan maka piksel tersebut tidak mengalami proses perluasan wilayah. Proses yang berulang pada piksel-piksel terluar region akan berhenti jika tidak ada lagi piksel terluar yang memenuhi kriteria penggabungan piksel dengan region. Region yang sudah berhenti memperluas wilayahnya, maka region tersebut akan ditambahkan pada citra segmented region. 

Semua homoegenous region yang dikenali dari tahap sebelumnya akan memperluas wilayahnya sampai semua region telah berhenti memperluas wilayahnya. Sehingga akan menghasilkan citra dengan region yang tersegmentasi. Berikut adalah flowchart bagaimana region dapat memperluas wilayahnya menggunakan metode region growing: 


No comments:

Post a Comment