Penyebab Polycystic Ovary Syndrome

Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) adalah masalah pada kesuburan wanita yang disebabkan oleh adanya gangguan keseimbangan hormon yang terjadi pada saat masa reproduksi sehingga membuat wanita sulit hamil. Kondisi ini dapat diakibatkan oleh terdapatnya sejumlah kista kecil di dalam indung telur yang berasal dari folikel yang tidak mengalami pertumbuhan pada siklus menstruasi sehingga folikel yang seharusnya tumbuh matang dan menjadi bakal sel telur berubah menjadi kista-kista kecil yang tersusun rapi di sepanjang bagian terluar indung telur. 

 Berikut adalah beberapa hal terkait yang menyebabkan PCOS, yaitu : 
1. Periode menstruasi yang tidak teratur dapat menyebabkan seorang wanita sulit hamil dan pada beberapa wanita terdapat sejumlah kista kecil di ovarium [8]. 

2. Hormon androgen yang diproduksi lebih tinggi dari keadaan normal yang menyebabkan ovarium sulit melepaskan sel telur setiap bulannya. Kadar hormone androgen yang tinggi juga dapat menyebabkan tumbuh jerawat dan rambut tumbuh lebih banyak dibagian muka dan anggota tubuh lainnya [8]. 

3. Resistensi Insulin. Resistensi insulin adalah suatu keadaan dimana sel-sel didalam tubuh tidak merespon terhadap efek insulin. Ketika tubuh tidak merespon insulin, tingkat glukosa dalam darah meningkat sehingga dapat menyebabkan diabetes. Resistensi insulin juga dapat menyebabkan pankreas memproduksi lebih banyak insulin agar dapat memelihara tingkat gula darah tetap normal. Tingkat insulin yang tinggi dapat menyebabkan nafsu makan seseorang meningkat dan menyebabkan ketidakseimbangan hormin lainnya [8] 

4. PCOS merupakan penyakit genetik yang dapat diwariskan oleh anggota keluarga [9].

No comments:

Post a Comment