Pencarian Rute Terpendek menggunakan Algoritma A*


                Algoritma Astar (A*) adalah algoritma Best First Search yang menggabungkan Uniform Cost Search dan Greedy Best-First Search. Biaya yang diperhitungkan didapat dari biaya sebenarnya ditambah dengan biaya perkiraan. Dalam notasi matematika dituliskan sebagai: f(n) = g(n) + h(n). Dengan perhitungan biaya seperti ini, algoritma A* adalah complete dan optimal. Pembuktian secara matematis dapat di download DISINI . Di pembuktian ini membuktika pencarian rute tercepat dari Karasak-Pameungpeuk menggunakan algoritma A*. Dengan metode algoritma A* ini ditemukan jalur yang tercepat dari Karasak-Pameungpeuk adalah Karasak(Start) > Cipeundeuy 1 > Kertamulya > Bojongmalaka > Pameungpeuk(GOAL).

Berikut rute/peta yang digambarkan :

3 comments:

pratamadenny said...

mas h(n) tau biaya perkiraan dari mana ya didapatkan ?
mohon bantuan

Ali Hasyim said...

h(n) itu biaya perkiraan yang didapatkan dari garis lurus dari Node awal ke Node Tujuan, untuk mengetahui jarak garis lurus, silahkan buka google maps, google maps menyediakan fitur untuk mengetahui jarak garis lurus..

Zarlita Marfasari said...

mas,,mohon bantuannya.coding untuk pencarian rute terpendek menggunakan algoritma A* tp datanya di ambil dari goegle eart,,masalahnya petanya dalam bentuk 3d.minta bantu bgd mas,,untuk skripsi.udah mentok bgt ni..

Post a Comment