Dampak ICT Terhadap Militer


Seiring dengan berkembangnya ICT dalam militer. Muncul berbagai dampak positif maupun negatif yang bersangkutan dalam militer. Berikut merupakan beberapa dampak dari ICT dalam Militer.

Dampak Positif:
·         Memperkuat pertahanan Nasional
·         Mempermudah dalam komunikasi
·         Mempermudah dalam navigasi dan pengendalian
·         Perkembangan pesat dalam militer
Dampak Negatif:
·         Munculnya Cyberwar & Cyber-Terrorism
·         Banyak bermunculan hacker ataupun teroris cyber
·         Pemerintah perlu memperluas Sistem Pertahanan Nasionalnya ke arah ICT



      Semakin cepatnya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi menuntut manusia untuk mencoba membuat perubahan di segala jenis kehidupannya yang tujuannya adalah mendapatkan hasil maupun kondisi yang terbaik yang dapat dicapai.Hal ini memunculkan berbagai inovasi dalam berbagai sektor kehidupan. Salah satunya militer.

       Dengan berkembangnya militer melalui Teknologi Informasi dan Komunikasi, sistem pertahanan nasional, persenjataan, transportasi, dan segala hal yang berada pada aspek militer menjadi lebih baik. Namun tentu dengan kehadirannya inovasi-inovasi tersebut dibutuhkan pula sumber daya yang mendukung serta biaya yang memadai.

         Meski berbagai aspek telah menjadi lebih baik, namun kehadiran Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam militer juga membawa masalah baru dalam sistem pertahanan. Dengan adanya Teknologi Informasi dan Komunikasi, muncul istilah-istilah baru dalam bidang militer seperti cyberwar dan cyber-terrorism.  Hal ini mengharuskan pemerintah untuk memperluas sistem pertahanannya ke arah Teknologi Informasi dan Komunikasi. Sehingga diperlukan lebih banyak Sumber Daya Manusia yang berperan dalam mempertahankan sistem pertahanan negara..

No comments:

Post a Comment