JURNAL Data Mining IMPLEMENTASI ALGORITMA DBSCAN

Di mata kuliah data mining ini kita berkelompok disuruh membuat tugas besar yang referensi algoritmanya harus berasal dari jurnal international, dan kelompok kami menggunakan algoritma ALGORITMA DENSITY-BASED SPATIAL CLUSTERING OF APPLICATIONS WITH NOISE (DBSCAN) yang di implementasikan pada Konsumsi Daya Listrik Rumang Tangga. Berikut dibawah ini adalah Abstrak dari Jurnal IMPLEMENTASI ALGORITMA DENSITY-BASED SPATIAL CLUSTERING OF APPLICATIONS WITH NOISE (DBSCAN) PADA KONSUMSI DAYA LISTRIK RUMAH TANGGA.

                        Abstrak


Untuk mengetahui pola konsumsi listrik di rumah tangga dengan mengetahui daya listrik yang dipakai setiap menit di rumah tangga yang direpresentasikan dengan global active power dan tambahan perlatan listrik yang belum diukur yaitu sub-meterings 1,2 dan 3. Dalam menyelesaikan kasus seperti ini diperlukan algoritma yang dapat menggambarkan pola konsumsi listrik di rumah tangga. Pada paper ini akan menggunakan teknik clustering dengan algoritma DBSCAN untuk menganalisis dan mengelompokkan pola konsumsi listrik di rumah tangga. Untuk menentukan cluster pola konsumsi listrik dengan DBSCAN dibutuhkan Eps dan MinPts yang nilainya didapatkan secara heuristik dengan membandingkan nilai dari kedua parameter tersebut dengan jumlah cluster yang diperoleh menggunakan tools Weka untuk mengetahui model dan evaluation dari training set yang digunakan.



Kata kunci : DBSCAN, Konsumsi Listrik, Cluster



Jurnal ini dibuat oleh :

Kurniawan, M. F.1, Nugraha, B. C.2, Putri, I.3, & Hasyim, A.4



1,4Jurusan Ilmu Komputasi Institut Teknologi Telkom, Bandung



  
Jurnal dan Slide presentasi  IMPLEMENTASI ALGORITMA DBSCAN PADA KONSUMSI DAYA LISTRIK RUMAH TANGGA dapat di Download DISINI!!!

No comments:

Post a Comment