Pemrograman OpenGL dan Setting di CodeBlock C++

OpenGL (Open Graphics Library) adalah suatu standar API yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis grafik,baik untuk 2 dimensi (2D) atau 3 dimensi (3D). OpenGL dapat berjalan berbagai perangkat keras dan bahasa pemrograman. OpenGL mempunyai banyak pustaka untuk membuat grafik dengan berbagai model dan bentuk seperti permukaan quadratic atau kurva NURBS. Pustaka standar ini disebut OpenGL Unit Library Toolkit(Glut). Didalam Glut tersebut sudah terdapat berbagai fungsi, mulai aplikasi windows (windowing) sampai aplikasi grafik lainnya, sehingga tidak repot-repot mengubah kode progam jika diterapkan pada sistem operasi dan perangkat lunak yang berbeda.

Untuk membuat program OpenGL ini, kita membutuhkan kompailer dan editor . Untuk bahasa pemrograman C++, bisa menggunakan perangkat lunak CodeBlock, Eclipse, Microsoft Visual C++ dan lain-lain. Semua perangkat lunak diatas merupakan IDE (Integrated Development Environment) yang didalamnya sudah ada editor kode program, compiler atau interpreter atau link ke compiler atau interpreter, builder dan debuger.

Disini saya akan share Tutorial Pemrograman OpenGL, Dasar-Dasar Pemrograman OpenGL dan Instalasi OpenGL Library Menggunakan CodeBlock. Tutorial ini saya dapatkan dari Dosen Grafika Komputer saya.
Tutorialnya bisa di Download Disini!!!

No comments:

Post a Comment