Perjalanan Menuju Puncak Gunung Ciremai

Gunung Ciremai secara administrative termasuk dalam wilayah tiga kabupaten, yakni Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka, Provinsi Jawa Barat. Gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat dengan ketinggian 3.078 m di atas permukaan laut. Terdapat 3 jalur pendakian untuk mencapai puncak gunung ciremai, yaitu jalur Apuy Majalengka, Jalur Palutungan Kuningan dan Jalur Linggarjati Kuningan.  
 Jalur pendakian Linggarjati merupakan jalur pendakian yang menjadi pilihan utama oleh kalangan pendaki gunung karena jalur ini yang paling jelas dan memiliki tingkat kecuraman, sulit dan kemiringan sampai 70derajat. Pada tahun 2009 saya dan teman-teman saya melakukan pendakian ke puncak gunung ciremai melalui jalur Linggarjati. Untuk mencapai puncak gunung ciremai melalui Jalur Linggarjati terdapat beberapa pos untuk mendaki ke gunung ciremai. Perjalanan menuju puncak gunung ciremai dimulai dari pos pertama yaitu Gedung Perjanjian di Desa Linggarjati. 

Dilanjutkan dengan pos kedua yaitu pos Cibunar yang ditempuh sekitar dua jam dari pos pertama. Di Pos Cibunar kami menyiapkan persediaan air karena Pos Cibunar merupakan sumber mata air terakhir untuk mencapai puncak gunung Ciremai. 
Pos selanjutnya yaitu Pos Kuburan Kuda yang berada pada ketinggian 1400mdpl yang ditempuh dengan waktu sekitar satu setengah jam. Disebut Pos Kuburan Kuda karena pos ini merupakan tempat penguburan kuda yang mati pada saat perjalanan ke gunung ciremai pada zaman Belanda. 
Terdapat banyak pohon jati dan beberapa tanjakan yang terjal sebelum mencapai pos ke-4 yaitu Pos Pangalap yang ditempuh sekitar empat jam. Waktu sudah menunjukan sekitar jam 11 malam dan suhu kurang dari 10derajat Celcius saat berada di perjalanan menuju Pos Batu Lingga, saya dan teman-teman saya mendirikan tenda untuk beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan di pagi hari. Sekitar jam 7 pagi kami sampai di Pos Batu. Dengan waktu tempuh sekitar 3jam kami sampai di Pos ke-6 yaitu Pos Sanggabuana yang jalannya terus menanjak.  
Selanjutnya yaitu Pos Pangasinan yang ditempuh dengan waktu sekitar 1 jam, pos ini merupakan tempat yang luas yang berada di atas bukit sebelum puncak Ciremai.   








Selanjutnya perjalanan sebelum sampai di puncak gunung ciremai merupakan perjalanan yang memiliki medan bebatuan yang terus menanjak dan banyak dijumpai Edelweis Jawa atau disebut Bunga Salju yang langka. 



Dan akhirnya sekitar jam 12siang kami berada di ketinggian 3078 mdpl yaitu puncak tertinggi gungung ciremai. Dari puncak kami dapat melihat batuan di tebing kawah dan kawah-kawah gunung ciremai yang menawan dan dapat menikmati panorama  yang menarik kearah Cirebon, Majalengka, Bandung, Laut Jawa, Gunung Slamet, dan gunung-gunung di Jawa Barat. Rasa lelah yang kami dapatkan selama hampir 13jam perjalanan ke puncak gunung Ciremai terbayarkan dengan keindahan pemandangan yang luar biasa disana ditambah dengan hembusan angina yang kencang dan silainya sinar matahari. Tidak lupa kami mengabadikan momen dengan berfoto dan mengucapkan Alhamdulillah untuk keindahan ciptaan Allah yang sangat luar biasa. 











No comments:

Post a Comment