Algoritma Astar (A*) adalah algoritma Best First Search yang menggabungkan Uniform Cost
Search dan Greedy Best-First Search. Biaya yang diperhitungkan didapat dari
biaya sebenarnya ditambah dengan biaya perkiraan. Dalam notasi matematika
dituliskan sebagai: f(n) = g(n) + h(n). Dengan perhitungan biaya seperti ini,
algoritma A* adalah complete dan optimal. Pembuktian secara matematis dapat di
download DISINI . Di pembuktian ini membuktika pencarian rute tercepat dari
Karasak-Pameungpeuk menggunakan algoritma A*. Dengan metode algoritma A* ini
ditemukan jalur yang tercepat dari Karasak-Pameungpeuk adalah Karasak(Start)
> Cipeundeuy 1 > Kertamulya > Bojongmalaka > Pameungpeuk(GOAL).
Berikut rute/peta yang digambarkan :
3 comments:
mas h(n) tau biaya perkiraan dari mana ya didapatkan ?
mohon bantuan
h(n) itu biaya perkiraan yang didapatkan dari garis lurus dari Node awal ke Node Tujuan, untuk mengetahui jarak garis lurus, silahkan buka google maps, google maps menyediakan fitur untuk mengetahui jarak garis lurus..
mas,,mohon bantuannya.coding untuk pencarian rute terpendek menggunakan algoritma A* tp datanya di ambil dari goegle eart,,masalahnya petanya dalam bentuk 3d.minta bantu bgd mas,,untuk skripsi.udah mentok bgt ni..
Post a Comment