Technopreneur bagi Mahasiswa


Resume Stadium Generale Technopreneur

A. Resume
Apa itu Technopreneur? Technopreneur berasal dari gabungan dua kata, yaitu technolgy dan entrepreneur. Techonology berarti sesuatu yang dapat memudahkan pekerjaan manusia, sedangkan entrepreneur berarti kemampuan untuk bekerja sendiri. Secara luas, technopreneur sendiri berarti menciptakan sesuatu yang dapat membantu kehidupan manusia untuk mendapatkan penghasilan.
Dalam buku Cash Flow Quadrant karya Robert Kiyosaki menyebutkan bahwa ada 4 karakter di dunia ini dalam hal mendapatkan penghasilan, yaitu employee, self-employee, business owner, dan investor. Dan hal yang paling menakjubkan adalah technopreneur adalah satu kategori baru yang keluar dari 4 karakter tersebut. Artinya dunia technopreneur adalah suatu dunia baru, dimana masih sangat terbuka dengan luas kesempatan-kesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang besar.
Jika kita memutar kembali waktu, maka kita akan melihat ada 3 era peradaban, yaitu :


1. Era Pertanian
2. Era Industri
3. Era Informasi
4. Era Kreatifitas
Saat ini, dunia telah melewati era pertanian dan era industri. Saat ini kita berada dalam era transisi antara era informasi dengan era kreatifitas. Dengan kata lain, orang-orang yang ingin sukses pada era sekarang harus bisa menguasai informasi-informasi yang ada ditambah dengan kemampuan untuk bisa melakukan inovasi baru di dalam kehidupan.
Dalam menghadapi dan menyelesaikan suatu permasalahan, terdapat Value of Creation yang terdiri dari :
 Mistery → Suatu permasalahan yang belum ditemukan jawabannya
 Heuristic → Pakar / orang yang mampu memberikan jawaban dari permasalahan
 Algorithmic → Replikasi dari pemecahan masalah
 Code → Rangkaian pemecahan masalah secara terstruktur



B. OPINI
Menurut saya, dalam era saat ini, memiliki kemampuan dalam bidang IT saja ternyata tidak cukup, apalagi kemampuan yang hanya sebatas tahu. Dibutuhkan suatu kemampuan yang dapat menggabungkan antara intelektual dan kreatifitas. Hasil dari itu adalah hak cipta atas karya yang kita hasilkan.
Technopreneur adalah suatu bidang dimana intelektualitas dan kreatifitas bergabung dan menciptakan suatu karya. Karena hal inilah, technopreneur rentan akan plagiat akan hasil karya. Maka dari itu kita membutuhkan hak paten yang selain melindungi karya-karya kita, juga kita bisa mendapatkan penghasilan dari karya yang kita buat, yaitu berupa royalti.


Ali Hasyim-IK3401-118100029

No comments:

Post a Comment