PENELITIAN ke PANGALENGAN

Pada tanggal 06-11-2010, kami sekelompok mahasiswa dan mahasiswi Institut Teknologi Telkom yang terdiri dari Ali(gue sendiri), Saddam, Ariya, Yudha, Khieel, Hasabi, Caroline, Monique, Arina, Irzanes, Faisal, Cahyo, Gentra, Andi, Nana, Eko dan Yudha bertujuan untuk observasi dan meneliti guna menyelesaikan tugas Pengetahuan Lingkungan. Saya sendiri sebenarnya bukan anggota kelompok yang berobservasi ke Pangalengan tapi saya ikut2an bersama teman2 saya yang lain. Kami berangkat kesana sekitar jam 08.00 menggunaka 2 mobil yang berisikan 17 orang didalamnya. Kami nyampe kesana sekitar jam 9.30an.
Pertama-tama kami mengunjungi KPBS Pangalengan guna observasi, teman-teman saya mengadakan kuisioner kepada anggota masyarakat pangalengan yang di dalamnya berisi seputar keadaan dan kondisi KPBS itu. Sementara mereka sibuk berkuisioner saya dan teman2 lain yang bukan anggota kelompok itu berjalan-jaln d
i daerah sekitar KPBS,kami pun makan dan beli susu murni,caramel susu, dan kerupuk susu. Setalah teman2 selesai berkuisioner kami pun berangkat ke tempat wisata lain.
Selanjutnya tempat wisata Situ Cileunca disana kami berfoto2 ria tapi tidak menaiki perahu untuk megelilingi situ karena situasidan kondisi tidak memungkinkan alias alasan pertama adalah "UANG". Setelah berfoto2 kami sempat makan siang di daerah Situ itu. Setalah makan dan bernyanyi-nyanyi, kami melanjutkan perjalanan ke tempat wisata yang ketiga.

Perkebunan Teh adalah tempat wisata selanjutnya ,pada waktu itu waktu menunjukan ke angka 11.30. Disana kami mengelilingi Perkebunan Teh y
ang pemandangannya sangat bagus. Tak lupa mengabadikannya dengan berfoto. Setelah merasa capek mengelilingi dan berfoto-foto disana, kami pun berangkat ke tempat wisata yang terakhir.


Tempat wisata itu adalah Pemandian Air Panan CIBOLANG. Sebelum berendam disana tak lupa kami sholat dzuhur terlebih dahulu, setelah itu saya dan sebagian temanku yaitu Saddam, Ariya, Yudha, Khieel, Hasabi, dan Caroline berendam di te
mpan perendaman air panas itu sementara yang lain sibuk duduk-duduk dan berfoto2. Tak lupa juga kami pun mengabadikan perendaman di air panas itu. Waktu menunjukan pukul 03.30 kami pun bergegas untuk pulang karena waktu tak memungkinkan. Setalah itu kami pun mengunjungi Penjualan Susu Murni untuk dijadikan oleh-oleh. Sayangnya susu literannya. Kata si pedagang: wah gak ada lagi yang jualan susu literan lagi disini selain saya.
Gw: ahhh Bullshitt, mana mungkin tempat yang terkenal dengan susunya yang jual susu cuma satu. Sembari pulang kami mencai tempat penjual susu lain, akirnya ketemu juga. Setlah membeli oleh-oleh, kamipun pulang ke temat kos2an kami di daerah Dayeuh Kolot.
Namun ada angan yang tak terlaksana kala di Pangalengan yaitu memeras lagsung susu di Sapi. Karena waktu pemerasan susu yaitu jam 04.00 dan 16.00 kami pun tak dapat memeras susu secara langsung.




Sungguh Observasi dan Rekreasi yang sangat menarik dan Takkan Terlupakan.

2 comments:

Post a Comment