ALGORITMA ROBOT


ALGORITMA ROBOT

Perkembangan robot saat ini begitu pesat. Sekarang robot sudah mulai dijual secara umum.Robot dapat digunakan sebagai alat peraga karena robot diprogram dengan bahasa pemrograman. Robot adalah mesin yang dapat melakukan tugas fisik yang dikontrol manusia dan memiliki kecerdasan robot. Sementara arti robotics sendiri adalah ilmu pengetahuan dan teknologi yang mempelajari tentang robot. Macam-macam robot sendiri adalah Turtle,Walker,Vehicle,Appendage,rover,android. Proses kendali robot terdiri dari:
Automatic Robot : Robot yang bergerak berdasarkan perintah yang telah diprogram.
Taleoperated : robot yang bergerak berdasarkan perintah yang dikirim secara manual contohnya melalui remote control,PC/joystick.

Algoritma robot adalah perangkat lunak dari sebuah robot yang dibangun untuk menjalankan suatu perintah. Perangkat lunak robot terdiri dari bermacam-macam algoritma,macam algoritma diterjemahkan ke bahasa pemrograman assembler dan menjadi sebuah kesatuan yang disebut kecerdasan buatan. Kompleksnya algoritma merupakan ukuran seberapa banyak komputasi yang dibutuhkan algoritma untuk menyelesaikan masalah. Algoritma yang dapat menyelesaikan suatu masalah dengan cepat memiliki kompleksitas yang rendah dan berlaku kebalikannya. Macam-macam algoritma robot yaitu:
Algoritma Dead Reckoning : proses dalam pemikiran posisi berdasarkan posisi sebelumny yang telah diketahui kecepatan,waktu dan jarak.
Follow Line : algoritma yang digunakan oleh sebuah objek untuk tetap berada pada garis yang tercetak pada lantai
Follow Wall : digunakan oleh sebuah objek untuk mengikuti arah dimana tembok berada. Algoritma ini sangat penting
Fuzzy Logic : menggantikan konsep logika Boolean dengan konsep”tingkat kebenaran”
Flooding : yg digunakan untuk mencari dan menggambarkan peta jalan keluar dan labirin.
Neural Networks : yaitu algoritma jaringan syaraf yang meniru jaringan syaraf manusia.
Shortest Path : sebuah cara yang dapat menemukan jalur pencapaian tujuan.
Algoritma Pencarian: dimana setiap keadaan menggambarkan hipotesis dalam rangkaian deduktif.

Contoh algoritma pada robot:
1. Algoritma yang biasa dipakai robot micromouse yaitu: Algoritma Flooding dan algoritma Pencarian. Robot micromouse menggunakan flooding untuk mendapatkan rute terpendek dengan cara membanyangkan sedang berdiri dalam sebuah labirim yang dindingnya non permeable,rata dan lantai bertingkat. Lalu menggunakan algoritma pencarian untuk perencanaan karena dalam sebuah permainan akan menentukan apa yang harus dilakukan dimana setiap keadaan menggambarkan kemungkinan posisi pada suatu saat.
2. algoritma yang dipakai pada robot NXT LEGO. Robot ini menggunakan sensor ultrasonik untuk mendeteksi benda, Sensor motor untuk menghitung jarak dan sudut ,Sensor cahaya untuk membaca intensitas pantulan cahaya benda.

No comments:

Post a Comment