Mahasiswa Wirausaha Muda

              Wirausaha muda? ya, mengapa tidak.Sudah banyak kisah sukses pengusaha muda, dan itu menunjukkan bahwa pemuda ternyata bisa menjadi pengusaha. Jangan pernah berfikir bahwa pengusaha itu hanya identik dengan orang-orang yang sudah berusia tua. Dan jangan pernah memandang bahwa pengusaha merupakan orang-orang yang memiliki modal uang banyak. Sudah banyak bukti-bukti pengusaha yang mampu membuat bisnisnya sukses dengan memulai bisnis dari no dengan modal pas-pasan. Jika ada yang berpendapat bahwa bisnis semata-mata untuk mengejar kekayaan maka anggapan itu salah, barometer pengusaha yang sukses itu adalah pengusaha yang memiliki keberanian dan optimisme untuk menekuni wirausahanya. Sebab untuk memulai menjadi wirausaha muda tidaklah mudah, kita harus berani dalam memutuskan sesuatu dan tidak mudah putus asa.

                 Untuk memulai menjadi wirausaha muda mulailah mengerjakan apa yang mungkin dan perlu anda kerjakan. Jika kita berbicara tentang seorang mahasiswa, mahasiswa yang sukses adalah mahasiswa yang mempunyai dan menemukan ide/gagasan yang dapat mengembangkan karirnya, terlebih jika mahasiswa itu sudah mempersiapkan untuk menjadi seorang enterpreneur sukses. Berikut beberapa ide wirausaha muda yang dapat dijadikan sebagai pedoman dalam memulai menjadi Wirausaha muda:
> Jual Keunikan
                Jika anda tergolong mahasiswa yang kreatif, inovatif dan memiliki ide hal baru yang dapat dijadikan peluang usaha. Karena banyak usaha-usaha baru dimulai dari penemuan produk, teknologi/program baru. Jika anda sudah memiliki ide keunikan segera patenkan ide anda dan mulailah untuk menjual di pasaran.
>Duplikasi usaha lain
                Untuk mahasiswa yang kurang kreatif bisnis ini sangat cocok dan percayalah bahwa ide usaha itu tersebar dimana-mana. Usaha ini harus mampu untuk membaca peluang, mengukur potensi dan berani mengambil resiko.
> Usaha Bersama
                Biasanya usaha bisa lebih sukses jika dikelola bersama-sama. Bisnis ini juga sangat cocok untuk mahasiswa. Mahasiswa dapat membuat kelompok bisnis yang solid Sebab dengan memiliki usaha bersama tentu kita akan memiliki relasi yang luas. Banyak kelebihan-kelebihan dari settiap anggota yang usaha bersama, kelebihan inilah yang bisa memperkuat suatu usaha baru dan membuat usahanya menjadi sukses.



Opini:
DI berbagai belahan dunia sudah terbukti rakyatnya sejahtera jika pemerintah memprioritaskan kewirausahaan  sebagai agenda utama dalam pembangunan. Ya jika negara kita ingin dapat keluar dari berbagai masalah kemiskinan dan pengangguran solusi yang tepat adalah menciptakan bibit enterpreneur muda. Sebagai generasi muda bangsa, maka kita memiliki tanggung jawab yang besar untuk menentukan nasib bangsa kita ini. Maka dari itu mulailah dari sekarang untuk merubah mindset jika sekolah/kuliah yang kita jalani bukan semata-mata untuk mencari pekerjaan namun untuk membuka usaha baru, karena dengan berwirausaha dapat melatih kemandirian dan dapat mengeksplor potensi yang kita miliki dan tentunya membuka peluang pekerjaan untuk orang lain. Mulailah detik ini untuk action berwirausaha. Apapun usaha yang anda tekuni, yakinkan jika anda memiliki potensi untuk mengembangkan usaha anda.

Ali Hasyim-118100029-IK-34-01

No comments:

Post a Comment