Belajar Bahasa Arab Nahwu dan Shorof Bagian 1

Bahasa Arab mempunyai beberapa cabang ilmu, yakni : Ilmu Nahwu dan Ilmu Shorof. Ilmu Nahwu adalah ilmu untuk mengetahui hukum akhir dari suatu kata, sedangkan ilmu shorof adalah ilmu yang mempelajari perubahan suatu kata. Bahasa arab mirip seperti dengan bahasa Indonesia, tetapi jika kita kelompokkan dalam bahasa arab, seluruh unsur-unsur kata hanya ada 3. Kata (bahasa arab : kalimah) didalam bahasa arab terbagi menjadi 3, yaitu Ishim (kata benda), fiil (kata kerja) dan Harfun (huruf).

1. Ishim (bahasa arabnya ‘ismi’ : nama) adalah tiap-tiap lafadz/kata yang digunakan untuk menamakan manusia, kata sifat, kata tunjuk, kata ganti, hewan, tempat, atau benda apa saja. Nama atau kata yang menunjukkan suatu makna, yang tidak berkaitan dengan waktu.

2. Fiil (kata kerja). Tiap-tiap lafadz/kata menunjukkan terjadinya suatu pekerjaan pada waktu tertentu. Semua kata kerja dalam bahasa arab adalah fiil. Fiil memiliki rumus dan berkaitan dengan waktu.

3. Harfun (huruf): Tiap-tiap lafadz yang artinya belum jelas, kecuali sudah dihubungkan dengan kata lain. Semua huruf hijaiyah yang memiliki arti, baik 1/2/3huruf. 

Berikut dibawah ini adalah contoh-contoh Kata dalam bahasa arab dan contoh dari masing-masing unsur kata dalam bahasa Arab.

Contoh kalimah (kata) dalam bahasa arab :

  

        Contoh pembagian kalimat(kata) dalam 3 unsur (Unsur Isim, Fiil dan Harfun) :



No comments:

Post a Comment