Perjalanan Menuju Jalur Pendakian Apuy Gunung Ciremai

Haloo bloggers,
Sudah lama gak nulis tentang travelling experience, emang yang namanya nulis itu moodnya harus oke banget. Langsung deh, sekarang saya mau coba share pengalaman travelling terbaru saya yaitu pendakian ke gunung ciremai lewat desa apuy. Eh ia btw masih punya hutang cerita Perjalanan Gunung Rinjani belum selesai ya. Yah sudah lah lewat dulu ya cerita gunung rinjaninya. Mumpung masih fresh cerita gunung ciremai saja.

Pendakian ke Gunung Ciremai lewat Desa Apuy dimulai dari Bambu Kuning, Cibinong. Ya karena saya dan team bertempat tinggal di cibinong jadi kita start di Bambu kuning, cibinong. Oh ia kali ini saya travelling naik gunung dengan rekan-rekan kerja saya di PT Astra Otoparts Divisi Winteq, jumlah personelnya 7 orang (saya sendiri Ali Hasyim, Iksan Santoso, Irpan Maulana, Atik Rosyadi, Selma I, Guna Andi, Dwi Hartanto). Kita sudah berada di bambu kuning jam 18.00. Bus yang kita naikin untuk ke Desa Apuy Majalengka adalah Bus LurAgung Kasepuhan tujuan Kuningan. Bus Luragung Kasepuhan ini berangkat dari Bambu Kuning jam 18.30, kenapa kami naik bus ini karena bus ini paling mudah kami akses dan juga secara trek perjalanan cocok dengan perjalanan kami yang ingin ke desa apuy, dengan bus ini bloggers juga bisa ke gunung ciremai lewat jalur palutungan atau linggarjati, karena tujuan akhir dari Bus Luragung Kasepuhan ini adalah desa luragung di kuningan yang akan melewati Linggarjati dan kota kuningan.

Start Bambu Kuning berakhir di BaseCamp Pendakian Gunung Ciremai Jalur Apuy.

Part 1. Bambu Kuning - Sumber Jaya
Kami start di Bambu Kuning dan mengakhiri perjalanan bus di Sumber Jaya. Sumber jaya merupakan pintu keluar tol sebelum palimanan dan sesudah Kertajati. Bus berangkat dari Bambu Kuning Pukul 18.30 sampai di Sumber Jaya pukul 23.30. Bus akan berhenti di Rest Area Sumber Jaya, tidak jauh dari pintu tol sumber jaya. Sesampainya disana bloggers bisa istirahat, sholat dan makan.
Oh ia info saja trek atau jalur yang akan dilalui oleh Bus Luragung Kasepuhan dari Bambu kuning ke Sumber jaya adalah : dari bambu kuning bus akan melewati jalan raya bogor hingga Pasar Rebo, jadi yang dari jakarta atau bogor kalo mau naik bus ini tetap bisa menunggu di jalan raya bogor atau pasar rebo. Setelah pasar rebo bus akan memasuki tol lingkar luar, cikampek dan masuk tol cipali, hingga akhirnya keluar tol sumber jaya. Biaya bus Luragung Kasepuhan berkisar 65 - 75ribu.

Part 2. Sumber Jaya - Terminal Maja
Nah dari sumber jaya ke terminal maja sebenernya bakal menggunakan 2x Elf, yaitu Sumber Jaya-Pertigaan Kadipaten (Lampu Merah) dan Pertigaan Kadipaten-Terminal Maja. Karena kami ber-7 kami memutuskan untuk carter atau sewa elf yang lewat. Dan elf juga mau di carter hingga terminal maja. Kita jalan dari Sumber jaya pukul 00.30 sampai di Terminal Maja 01.30. Biaya sewa elf dari sumber jaya ke terminal maja adalah 250ribu.

Part 3. Terminal Maja - Basecamp Pendakian Gunung Ciremai via Jalur Apuy.
Dari terminal maja untuk bisa ke basecamp menggunakan mobil bak. Di terminal cukup banyak mobil bak, bisa dibilang 24jam ada. Kami berangkat dari terminal maja jam 02.00 sampai di basecamp pendakian apuy jam 03.00. Harga sewa mobil pickup atau bak dari terminal maja ke basecamp berkisar 250rb - 300rb. Tentu jika rombongan blogger sedikit akan terasa mahal biaya sewa mobil pickupnya, untuk itu bloggers harus joint atau bergabung dengan orang lain.

Oh ia saya punya kontak nomer hp sewa pickup atau mobil bak dai terminal maja ke basecamp apuy. Sebenernya sewa pickup ini bisa juga tidak harus dari terminal maja. Misal bloggers berhenti di Palimanan atau sumber jaya atau kadipaten bloggers bisa minta jemput Mobil pickup atau mobil bak, tentu biayanya tinggal di nego saja. Sebagai gambaran saya dari Terminal Maja ke Palimanan harga sewa mobilbak / pickup 600riburupiah. Ini nomor kontak Pak Didik yang punya Mobil Pickup/mobil bak terminal maja 0823-2100-6900

Okee, sekian dulu cerita perjalanan menuju pendakian gunung ciremai via jalur apuy. Selanjutnya saya akan cerita tentang pendakian gunung ciremai lewat jalur apuy.