Tutorial STM32 dengan CooCox IDE

Tutorial Menggunakan ARM dengan CooCox IDE

CooCox IDE adalah perangkat lunak yang terintegrasi untuk mengembangkan ARM Cortex M0, M3 dan M4, yang mencakup semua fungsi-fungsi yang dibutuhkan. CoIDE sangat cocok bagi yang senang dengan freeware, selain itu CoIDE menawarkan fitur-fitur menarik sebagai sebuah IDE, seperti adanya komponen (atau library), code completion dan lain-lain. Berikut tutorial untuk memulai mengembangkan ARM dengan CooCox IDE:

1.    Download CoIDE versi terbaru di http://www.coocox.org/Downloads.htm
2.    Setelah Download selesai, silahkan install CoIDE----.exe
3.    Proses Instalasi hanya tinggal menekan tombol Next, hingga proses  install selesai.
4.    Selanjutnya setelah proses instalasi selesai, buka aplikasi CoIDE di start windows.
5.    Selanjutnya untuk memulai mengembangkan ARM kita klik New Project pada Toolbar CoIDE.
6.    Selanjutnya isi nama project yang anda inginkan, jika klik use default path maka project akan disimpan di folder yang sudah disediakan oleh CoIDe, tetapi jika anda ingin menyimpannya di folder lain, jangan mencentang use default path. Selanjutnya klik Next..
7.    Selanjutnya klik Model Chip dan klik Next.
8.    Pada bagian Chip ini, pilih chip yang anda inginkan dan sesuai apa yang anda punya, saya ambil sample disini saya menggunakan Chip pabrikan dari ST, yaitu STM32F407VG, klik Manfacturer ST, lalu pilih STM32F4x series dan pilih device STM32F407VG. Setelah itu anda dapat melihat detail datacheet dari device yang saya pilih.
9.    Selanjutnya klik Finish.
10.    Sekarang kita masuk pada Step 3 yaitu step dimana kita memilih komponen apa saya yang mau kita gunakan untuk dikembangkan, dibagian Select Component > Peripherals, klik peripheral apa aja yang ingin anda gunakan, dengan memilih peripheral yang digunakan berarti anda telah memasukkan library component yang anda butuhkan ke dalam project anda.
11.    Selanjutnya anda tinggal double click main.c yang terdapat di toolbar bagian kiri bawah.
12.    Then, Enjoy your code with CoIDE.

Disini saya juga mau memberi tahu kalo CooCox IDE merupakan Compiler yang sangan friendly, kenapa? Karena di CooCox IDE ini anda dapat melihat contoh2 cara menggunakan component yang akan anda gunakan, disini saya ambil contoh GPIO, sebelumnya saya telah memilih GPIO pada step ke 10. Pada Toolbar bagian kanan atas atau toolbar Device terdapat tulisan GPIO (with 1 example) disini yang dimaksud dengan tulisan itu adalah anda dapat melihat contoh code bagaimana cara menggunan GPIO, caranya klik saja GPIO (with 1 example) , lalu akan keluar toolbars baru GPIO Examples, disini yang disediakan yaitu IOToggle, klik view untuk melihat bagaimana cara menggunakan IOToggle. Untuk menggunakan fasilitas ini anda diharuskan memiliki koneksi internet.

Oh ia satu lagi keunggulan CooCox IDE, disini kalian juga dapat melihat banyak source code yang telah orang lain buat, disini ada Source Code interface dari berbagai macam Sensor, Controller, RF dan lain-lain. Caranya dengan klik bagian view -> Repository. Jadi dengan menggunakan CooCox IDE kalian gak perlu repot-repot untuk browsing source code untuk interface perangkat yang anda punya.
Sekian Tutorial dari saya. Terimakasih

1 comment:

al husaini said...

sob kalo tutorial mengakses mikrokontroler stm32f4 dengan coocox ada gak?? kalo ada share sob, please!!

Post a Comment