Makalah Integer Programming dengan Metode Cutting Plane



INTEGER PROGRAMMING WITH CUTTING PLANE METHOD


Disusun Oleh :
Arina Noviani                                     118100010
Fathurahman Alhikmah                        118100027
            Ali Hasyim                                                        118100029

Makalah ini ditujukan untuk memenuhi Tugas Besar Mata Kuliah Riset Operasi


PENDAHULUAN
Suatu permasalahan perencanaan linier biasanya menuntut solusi yang optimum agar diperoleh kondisi optimal yang di inginkan. Biasanya suatu permasalahan perencanaan linier ,menginginkan variabel keputusanya berupa integer , agar jawaban menjadi realistik.
            Integer Programming adalah bentuk lain dari program linier dengan variabel-variabel keputusanya bertipe integer .Jika variabel keputusan yang dihadapi berkaitan dengan jumlah orang,mesin- mesin , kendaraan dan lain-lain, akan terasa janggal jika menyelesaikan pekerjaan itu diperlukan 3,5 mesin dan 7,5 orang, sebaliknya jika pekerjaan memerlukan 4 atau 5 mesin dan 8 orang , maka keputusan akan terasa realistik dan lebih mudah.
            Permasalahan Integer Programming mencakup permasalahan semua integer. Permasalahan semua integer adalah permasalahan integer programming dengan variabel keputusan dan kendala dibatasi berupa bilangan integer. Terdapat dua metode untuk menyelesaikan masalah integer Programming. Dengan metode ini akan dibuat batasan-batasan khusus yang akan memaksa pemecahan optimum dari masalah program linier untuk bergerak ke arah pemecahan integer yang diinginkan, metode itu adalah
1.      Metode Cutting Plane
2.      Metode Branch and Bound
Pada Makalah ini akan membahas satu metode saja , yaitu metode Cutting Plane. Dalam metode cutting plane dibuat kendala tambahan yang memmotong daerah penyelesaian yang layak dari persoalan masalah integer , sehingga dapat mengeliminasi penyelesaian yang bukan integer. Proses pemotongan pada daerah penyelesaian yang diinginkan.

Makalah Cutting Plane dan Slide Presentasi Cutting Plane bisa di DOWNLOAD DISINI !!!

Bagi yang ingin melihat koleksi Makalah-makalah lain, bisa mengunjungi halaman ini:

No comments:

Post a Comment