Sistem Operasi Client Server System dan Mainframe


Operating Systems

Dikutip dari Wikipedia.org arti Operating System sendiri yaitu seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. Contoh beberapa Sistem Operasi yang sudah terkenal yaitu  Linux,UNIX, Android, iOS, Mac OS X,  Microsoft Windows dan Netware.
Berikut dibawah ini merupakan contoh Sistem Operasi terkini bertipe Client Server System :

1. Netware
Operating System ini ditemukan oleh Novell yang versi pertamanya yaitu Netware 86 yang digunakan untuk IBM PC TX dengan processor Intel 8086. Awalnya Netware didesain khusus sebagai server sehingga tidak dapat digunakan untuk computer client.Namun saat ini Netware yang merupakan system operasi popular di dunia perkantoran mendukung client yang menggunakan Windows dan Mac. Netware saat ini menguasai pasar server yang digunakan untuk LAN.

2. Windows
Windows merupakan system operasi yang popular. Windows dikembangkan oleh Microsoft yang mulai dikenalkan pada1985 saat itu Windows 1.0. Dengan seiringnya perkembangan aplikasi client server, Windows akhirnya mendukung fasilitas untuk jaringan dengan memperkenalkan Windows for Workgroup 3.11 dan Windows NT 3.1 . Sampai saat ini Windows sudah bergerak ke system operasi 64 bit yang mendukung client server. Windows saat ini menguasai pangsa pasar aplikasi LAN berupa aplikasi perkantoran.

3. UNIX/Linux
Unix merupakan system operasi server yang memiliki sejarah panjang. Unix memiliki skalablitas yang tinggi sehingga dapat digunakan untuk computer mainframe sampai computer desktop.Linux sendiri dikenalkan oleh seorang mahasiswa bernama LinusTorvalds pada 1991. Linux merupakan system operasi open source. Saat ini UNIX/Linux menguasai pasar server aplikasi untuk jaringan yang lebih luas seperti WAN dan Internet.

Sistem kemanan Sistem Operasi bertipe Client Server System ini meliputi:
1. Keamanan fisik
2. Keamanan manusia
3. Keamanan data dan teknik komunikasi
4. Berhubungan dengan operasi, prosedur untuk mengoperasikan system keamanan tersebut.



Sedangkan contoh Sistem Operasi bertipe Mainframe yaitu:

1. Linux
Selain dapat digunakan untuk server client Linux juga dapat digunakan untuk system operasi bertipe mainframe.
Menurut Wikipedia.org sendiri Mainframe yaitu komputer besar yang digunakan untuk memproses data dan aplikasi yang besar..




1 comment:

Post a Comment